Dapatkah Anda Berjalan setelah Usia 70 Tahun?


Jakarta - Setiap orang tentu ingin tetap bisa bergerak dan berjalan bebas meski di usia yang tak lagi muda. Sayangnya, sebuah penelitian di Jepang pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa orang yang berusia 40 tahun ke atas akan mengalami penurunan massa otot sebanyak 8 persen setiap dekadenya. Angka degradasi massa otot itu juga akan meningkat dua kali lipat saat menginjak usia 70 tahun.
“Hal tersebut tentu bisa mempengaruhi cara berjalan para lansia karena otot berperan penting untuk menggerakkan tubuh,” kata presiden Director Abbotts Product Indonesia, Arnaud Renard.
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan massa otot, sebuah tes yang menguji kemampuan berjalan di masa tua pun bisa dilakukan sejak dini. Tantangan diperuntukan bagi mereka dengan usia 40 tahun ke atas.
Anda pun cukup berdiri dengan satu kaki.
Namun, yang menjadikannya lebih sulit untuk dilakukan adalah berdiri dengan satu kaki tersebut harus dikerjakan dari posisi duduk. Jadi, Anda diminta untuk duduk pada kursi setinggi 40 sentimeter. Kemudian, Anda harus berdiri dengan satu kaki diangkat sambil menyilangkan tangan di depan dada dan menahan keseimbangan selama 3 detik.
Apabila hal ini berhasil dilakukan, Renard mengatakan kondisi tulang dan otot masih sangat baik dan memiliki risiko rendah untuk menghadapi kelumpuhan di masa tua. Sebaliknya, jika sudah sulit berdiri, maka Anda berisiko tinggi.
Namun tak perlu khawatir karena dengan mengetahui hal ini lebih dini, lebih cepat pula perbaikan yang bisa dilakukan, termasuk meningkatkan konsumsi protein, terus aktif bergerak dengan olahraga dari ringan maupun berat, dan selalu menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit.
“Jika semuanya bisa dikerjakan dengan teratur, Anda pun memiliki kesempatan untuk bisa berjalan hingga masa tua,” jelasnya.

Klik disini

Subscribe to receive free email updates: